Apa itu Perhotelan di Pertandingan Sepak Bola dan Berapa Biayanya?

Apa Stadion Sepak Bola Tertua di Inggris?

Sepak bola adalah olahraga dengan kecintaan pada tradisi dan ini adalah bagian dari alasan mengapa permainan yang indah itu begitu istimewa. Fans akhirnya menempa begitu banyak kenangan di stadion rumah mereka sehingga mereka sering mengembangkan keterikatan yang nyata. Oleh karena itu, bisa menyakitkan, karena alasan sentimental, ketika sebuah klub memutuskan mereka harus pindah ke rumah baru.

Sementara banyak klub Inggris akhirnya pindah stadion, karena berbagai alasan, yang lain telah berada di lokasi yang sama selama lebih dari satu abad. Semua stadion akan mengalami perbaikan selama beberapa dekade, tentu saja, tetapi mereka masih mempertahankan perasaan ‘rumah’ yang sama dan sejarah yang menyertainya. Ada sejumlah stadion mengejutkan yang masih digunakan setiap minggu yang awalnya dibangun pada 1800-an dan di sini kita akan fokus pada yang paling tua di antara mereka.

Arena Pacuan Kuda (Wrexham)

Lapangan Pacuan Kuda WrexhamGambar: Markbarnes, Wikimedia Commons Tahun Dibangun – Kapasitas 1807 – 10,771

Meskipun Racecourse Ground dibuka pada tahun 1807, baru setelah itu (1864) lapangan itu digunakan untuk sepak bola. Sebelumnya, tempat tersebut biasanya mengadakan pertandingan kriket dan terkadang pacuan kuda (karena itulah namanya). Alasan mengapa tanah memperluas penawarannya pada tahun 1864 adalah karena tahun inilah Wrexham AFC didirikan. Naga telah menghabiskan sebagian besar sejarah mereka di Racecourse Ground sejak itu.

Pakaian Welsh namun untuk sementara pindah ke Rekreasi Ground berumur pendek di Rhosddu antara 1881 dan 1883 sebagai Klub Kriket Wrexham, maka pemilik Racecourse Ground, memutuskan untuk menaikkan sewa. Hari ini, tanah tersebut dimiliki oleh Wrexham AFC karena pada 9 Februari 2022 klub mengumumkan bahwa mereka telah membeli kembali hak milik dari Universitas Wrexham Glyndwr.

Selain menjadi stadion klub tertua di Inggris, Racecourse Ground juga merupakan stadion tertua yang masih aktif digunakan untuk sepak bola internasional. Diakui ini tidak sering terjadi akhir-akhir ini tetapi tempat Wales utara menjadi tuan rumah tim nasional Welsh pada kesempatan yang sangat aneh. Terakhir kali terjadi pada 2019 ketika Wales mengalahkan Trinidad dan Tobago dengan tipis 1-0 dalam pertandingan persahabatan.

Bramall Lane (Sheffield United)

Plakat Bramall LaneFoto © MJ Richardson (cc-by-sa/2.0) Tahun Dibangun – 1855 Kapasitas – 32.050

Bramall Lane, terletak dekat dengan jantung Sheffield, pertama kali dibangun untuk beroperasi sebagai lapangan kriket. Salah satu dari enam tim kriket yang mendaftar untuk memainkan pertandingan kandang di sini adalah Wednesday Cricket Club, klub yang sama yang bertanggung jawab atas pembentukan Sheffield Wednesday FC. Tujuh tahun setelah dibuka, Bramall Lane menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola pertamanya saat Sheffield FC, klub sepak bola tertua di dunia yang masih ada, menghadapi Hallam FC. Kebetulan, Hallam FC adalah klub sepak bola tertua kedua yang masih aktif di dunia, yang dibentuk pada tahun 1860.

Beberapa tahun kemudian, Bramall Lane menjadi tuan rumah final turnamen sepak bola pertama di dunia, Piala Youdan, sebuah kompetisi yang diperebutkan antara berbagai tim yang berbasis di kota. Ini jauh dari satu-satunya alasan mengapa Anda mungkin menemukan tempat yang menawan ini di buku rekor. Ini adalah salah satu dari hanya dua lapangan yang menjadi tuan rumah tim nasional sepak bola Inggris, final Piala FA dan pertandingan uji kriket Inggris. Dari keduanya, yang lainnya adalah Oval di London, itu adalah satu-satunya tempat yang juga menjadi tuan rumah pertandingan turnamen sepak bola internasional karena itu adalah salah satu stadion yang dipilih untuk UEFA Women’s Euro 2022.

Pabrik Lapangan (Kota Mansfield)

Pabrik Lapangan Kota MansfieldGambar: Rileyandco, Tahun Dibangun Wikimedia Commons – Kapasitas 1861 – 9,186

Field Mill adalah salah satu lapangan sepak bola tertua yang masih digunakan sampai sekarang dan ada kemungkinan bahwa sejarahnya sudah ada sejak tahun 1861. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa lapangan tersebut adalah rumah bagi kegiatan olahraga sekitar tahun 1850-an. satu nada yang sangat tua. Karyawan Greenhalgh & Sons Works di dekatnya akhirnya menggunakan Field Mill untuk pertandingan sepak bola mereka, bermain dengan berbagai nama berbeda seperti Greenhalgh FC, Field Mill FC, dan Mansfield Greenhalgh. Lapangan itu juga digunakan untuk tim kriket Greenhalgh dan kemudian (1984 hingga 1986) oleh tim rugby Mansfield Marksman.

Mansfield Town FC modern, yang memainkan sepak bola mereka di League Two, tidak pindah ke Field Mill sampai setelah Perang Dunia I berakhir. Peluang itu muncul ketika penyewa sebelumnya, pada saat ini tim sepak bola Mansfield Mechanics, yang baru lima tahun berada di sana, tidak dapat memenuhi pembayaran sewa. Karena itu, Mekanik harus melepaskan tempat mereka di tempat pertama di dunia untuk menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola yang kompetitif.

Taman Tannadice (Dundee United)

Tannadice-nya Dundee UnitedGambar: TallOranje, Wikimedia Commons Tahun Dibangun – Kapasitas 1870 – 14.223

Tidak sepenuhnya jelas kapan Tannadice Park pertama kali menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola, tetapi kami tahu itu sekitar tahun 1870-an, hanya saja belum tentu pada awal tahun 1870. Pada saat itu banyak daerah di dekatnya adalah pedesaan terbuka sehingga menemukan ruang untuk mendirikan lapangan sepak bola jauh dari masalah. Klub pertama yang menggunakan tanah, yang kemudian dikenal sebagai Clepington Park, sebagai rumah permanen, adalah Dundee East End, melakukannya untuk musim 1882/83.

Pengaturan ini tidak berlangsung lama meskipun dengan Dundee Violet mengambil tempat mereka musim berikutnya. Ketika kedua tim akhirnya pindah pada tahun 1884, Clepington Park sempat tidak memiliki klub tetapi Dundee East End kembali tiga tahun kemudian. Pada tahun-tahun awal ini, klub tidak dapat memungut biaya masuk karena lapangan tidak tertutup. Ini berubah ketika Johnstone Wanderers pindah dan memilih untuk membangun tribun kayu sederhana yang menampung sekitar 500 kipas.

Johnstone Wanderers bergabung dengan tim lokal lain pada tahun 1894 untuk menjadi Dundee Wanderers dan kemudian pada tahun itu melamar keanggotaan Liga Sepak Bola Skotlandia. Saat ini disetujui, Clepington Park mengadakan pertandingan SPL pertamanya pada 25 Agustus 1894 melawan Motherwell. Pengembara bermain di sini sampai 1909 tetapi kemudian mereka digantikan oleh Dundee Hibernian yang baru didirikan karena ketua mereka menawarkan sewa yang jauh lebih banyak kepada pemilik stadion. Pengembara yang marah dengan enggan pergi tetapi mereka melucuti semua yang mereka bisa dari stadion sebelumnya, termasuk tiang gawang.

Deepdale (Preston North End)

Patung Tom Finney Splash di Stadion Deepdale PrestonGambar: Nic McPhee, flickr Tahun Dibangun – Kapasitas 1875 – 23.408

Rumah Preston di Deepdale mungkin bukan stadion tertua yang masih digunakan sampai sekarang, tetapi ia berpendapat bahwa itu adalah lapangan sepak bola tertua yang ‘terus digunakan’ di dunia. Kandidat utama lainnya untuk penghargaan ini adalah Bramall Lane tetapi ini, seperti yang dibahas sebelumnya, awalnya dimulai sebagai lapangan kriket. Meskipun Sheffield FC memainkan pertandingan pertama mereka di sana pada tahun 1862, ada beberapa pertanyaan tentang seberapa reguler sepak bola di tahun-tahun awal ini.

Tanggapan dari Yorkshire biasanya bahwa Deepdale digunakan sebagai penjara kamp perang dalam Perang Dunia II, menghentikan penggunaan sepak bola yang berkelanjutan. Tahanan diketahui telah bermain sepak bola, jadi ada beberapa argumen untuk mengatakan bahwa beruntun tidak pernah benar-benar mati. Perdebatan kemungkinan tidak akan pernah diselesaikan tetapi yang kita tahu adalah bahwa Deepdale menyelenggarakan pertandingan sepak bola pertamanya pada 5 Oktober 1878, tak lama setelah dibangun. Itu adalah Preston North End yang bermain di sini, klub lain yang mulai bermain kriket, diikuti oleh rugby. Klub sepak bola itu sendiri secara teknis tidak didirikan sampai tahun 1880, dua tahun setelah pertandingan aturan asosiasi pertama mereka, karena butuh beberapa waktu bagi mereka untuk sepenuhnya mengadopsi kode asosiasi sepak bola.

Stamford Bridge (Chelsea)

Chelsea Stamford Bridge Shed EndGambar: theodorits, flickr Tahun Dibangun – 1877 Kapasitas – 41,837

Meskipun stadion sepak bola yang sangat terkenal saat ini, niat awal Stamford Bridge adalah untuk menciptakan ruang untuk menjadi tuan rumah atletik. Setelah sepenuhnya dibangun, Klub Atletik London mengadopsinya sebagai basis utama mereka dan mereka tetap di sini sampai tahun 1904. Selama periode ini, tidak banyak yang terjadi di lapangan selain atletik meskipun ada beberapa pengecualian. Pada tahun 1898 misalnya, Bridge menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia shinty, permainan yang mirip dengan hoki lapangan.

Situasi berubah ketika saudara laki-laki Gus dan Joseph Mears mengambil kepemilikan atas sewa tersebut karena keduanya menginginkan sepak bola berkualitas tinggi di Stamford Bridge. Mereka berharap untuk mendapatkan Fulham FC untuk pindah tetapi Cottagers menolak proposal karena alasan keuangan. Karena tidak memiliki klub dan menentang gagasan hanya menjual tanah ke Great Western Railway Company, Mears membuat klub mereka sendiri. Beginilah Chelsea lahir dan segera setelah klub yang baru didirikan itu memiliki akses ke stadion berkapasitas 100.000 yang dirancang oleh arsitek ahli di bidangnya, Archibald Leitch.

Parade Rodney (Kabupaten Newport)

Pertandingan Newport County Melawan Manchester UnitedGambar: Newport Monmouthshire, flickr Tahun Dibangun – 1877 Kapasitas – 7.850 (untuk sepak bola)

Rodney Parade adalah stadion lain yang awalnya tidak dimaksudkan untuk menjadi lapangan sepak bola. Sebaliknya, Klub Atletik Newport menginginkan suatu tempat bagi berbagai tim mereka untuk bermain dan berlatih. Dua tahun setelah klub dibentuk, mereka mendapatkan hak untuk menggunakan situs Rodney Parade saat ini untuk tim rugby, tenis, kriket, dan atletik mereka. Segera setelah itu, Newport RFC mulai bermain rugby di lokasi tersebut dan ini menyebabkan lampu sorot dipasang pada tahun 1879, yang pertama untuk lapangan Welsh.

Newport RFU terus bermain di Rodney Parade tetapi mereka bergabung dengan Klub Kriket Monmouthshire County antara tahun 1901 dan 1934. Lapangan tersebut tidak dapat lagi menjadi tuan rumah kriket, karena sekolah dasar dibangun di atas lahan tersebut, tetapi rugby selalu ada. Memang, tanah tersebut sebenarnya dimiliki dan dioperasikan oleh Welsh Rugby Union. Adapun sepak bola, ini hanya menjadi pemandangan biasa di Rodney Parade 2012 ketika Newport County AFC pindah dari Stadion Newport. Jadi, meskipun secara teknis ini mungkin salah satu stadion sepak bola tertua di dunia, klaim tersebut sedikit menyesatkan mengingat betapa sedikitnya sepak bola yang ada di sini.

Taman Ewood (Blackburn Rovers)

Taman Ewood Blackburn RoversGambar: Eddie Leslie, flickr Tahun Dibangun – Kapasitas 1882 – 31.367

Sepak bola dimainkan di lokasi Ewood Park sebelum tahun 1882 tetapi di tempat yang hampir tidak lebih dari sebuah lapangan dan tidak ada yang bisa Anda sebut sebagai stadion. Di rerumputan inilah, yang dikenal sebagai Ewood Bridge, tempat Blackburn Rovers memainkan empat pertandingan, yang pertama melawan Sheffield Wednesday pada 9 April 1881. Ewood Park dibangun pada tahun berikutnya, dibuka pada April 1882 untuk menjadi tuan rumah sepak bola, atletik, dan beberapa balap greyhound meskipun tidak di lapangan oval standar.

Blackburn Rovers, yang telah bermain di beberapa situs berbeda di tahun-tahun awal mereka, mencoba lapangan baru ini pada tahun 1882. Baru pada tahun 1890 mereka mengadopsinya sebagai basis jangka panjang, melakukannya dengan menandatangani kontrak 10 tahun dengan sewa tahunan datang pada £ 60 setahun. Jadi, dalam banyak hal, pertandingan ‘rumah’ pertama Rovers di Ewood Park adalah saat menghadapi Accrington pada 13 September. Sekitar 10.000 orang hadir untuk menonton meskipun mereka tidak melihat gol saat kontes berakhir 0-0. Rovers tetap di sini sejak itu dan mereka selamat dari upaya Suffragettes untuk menghancurkan stadion pada tahun 1913. Sama seperti stadion Deepdale Preston, rencananya adalah untuk membakar tribun kayu tetapi dalam kedua kasus upaya mereka digagalkan.

Turf Moor (Burnley)

Turf Moor BurnleyGambar: Trappedinburnley, Wikimedia Commons Tahun Dibangun – Kapasitas 1883 – 21,944

Tempat terakhir yang tersisa dalam daftar kami jatuh ke Turf Moor mengingat bahwa kandang Burnley FC sedikit lebih tua dari Anfield, Portman Road dibangun pada tahun 1884 dan Gigg Lane dibangun pada tahun 1885. Situs di mana tanah tersebut telah digunakan untuk kegiatan olahraga sejak tahun 1840-an karena di sinilah Burnley Cricket Club mendirikan gawang mereka. Para pemain kriket mengizinkan Burnley FC, yang didirikan pada tahun 1882, untuk menggunakan lapangan di samping lapangan kriket pada tahun 1883, memberikan tim sepak bola yang baru dibentuk tersebut sebagai tempat reguler untuk bermain.

Pada tahun 1885, Turf Moor mulai benar-benar terbentuk karena tribun pertama dibangun bersama dengan teras di setiap ujung tanah. Setahun kemudian dan Pangeran Albert Victor datang mengunjungi situs yang telah direnovasi, menjadi anggota pertama Keluarga Kerajaan yang menghadiri lapangan sepak bola. Turf Moore telah menjadi rumah permanen Burnley FC sejak itu dan mereka hampir memiliki semuanya untuk diri mereka sendiri selama ini. Satu-satunya pengecualian adalah periode singkat antara 1902 dan 1904 ketika Burnley berbagi tanah dengan Burnley Belvedere, anggota Liga Amatir Lancashire, untuk membantu keuangan mantan.

Author: Tyler Parker