Apa itu Perhotelan di Pertandingan Sepak Bola dan Berapa Biayanya?

Memorabilia Sepakbola Termahal yang Pernah Terjual

Mengingat popularitas sepak bola global, tidak mengherankan jika ada pasar yang berkembang pesat untuk memorabilia sepak bola. Baik itu program pertandingan lama hingga kemeja yang dikenakan pertandingan, kolektor akan secara teratur mencari untuk membeli bagian mereka sendiri dari sejarah sepak bola. Banyak barang yang dijual tidak akan membuat Anda mundur terlalu banyak, tetapi untuk barang-barang yang sangat langka dan / atau ikonik, barang-barang individual ini memang bisa menghasilkan banyak uang. Berapa banyak, Anda mungkin bertanya? Baiklah, mari kita cari tahu sambil melihat memorabilia sepak bola termahal yang pernah dijual.

Daftar di bawah ini hanya akan berfokus pada barang-barang yang telah dijual atau disiapkan untuk dilelang. Barang-barang yang lebih berharga daripada beberapa di daftar mungkin masih ada, tetapi pemiliknya tidak ingin berpisah dengannya. Dalam banyak kasus, ini karena pemiliknya adalah mantan pemain, yang tidak membutuhkan uang dan memiliki ikatan sentimental yang kuat dengan barang yang dimaksud. Dalam kasus seperti itu, banyak pemain lebih suka menyimpan barang tersebut di dalam keluarga, dan/atau meminjamkannya ke museum, daripada menjualnya ke kolektor pribadi.

Bagan Yang Menampilkan Memorabilia Sepakbola Termahal di Dunia

Perhatikan bahwa Bola Pertandingan Tangan Dewa dan kemeja Final Piala Dunia Geoff Hurst keduanya tidak terjual dengan harga menunjukkan tawaran tertinggi yang diterima.

Kaos Tangan Tuhan – £7,1 juta

Dalam satu pertandingan yang sangat terkenal, Diego Maradona tidak hanya mencetak gol yang sering disebut sebagai ‘Gol Abad Ini’ tetapi juga memiliki momen ‘Tangan Tuhan’. Insiden memalukan ini, yang luput dari perhatian ofisial pertandingan, membuat legenda Argentina itu meninju bola tepat sebelum kiper Inggris Peter Shilton hendak menangkapnya. Setelah benar-benar mengalahkan penjaga gawang, Maradona kemudian memasukkan bola ke gawang yang kosong, memberi Argentina keunggulan di pertandingan perempat final Piala Dunia 1986.

Argentina akhirnya keluar sebagai pemenang 2-1 dari pertandingan tersebut dan mereka akhirnya melaju jauh di turnamen, mengangkat trofi Piala Dunia kedua mereka. Hal ini membuat momen Hand of God menjadi lebih ‘istimewa’ karena, tanpanya, ada kemungkinan besar mereka tidak akan pernah mencapai final. Meski aksi curang Maradona tak luput dari perhatian para pemain Inggris, gelandang Steve Hodge tetap ingin bertukar kaus dengannya usai pertandingan. Hodge meminjamkan kaus ikonik ini ke Museum Sepak Bola Nasional di Manchester selama bertahun-tahun dan meskipun mengulangi bahwa dia tidak ingin menjualnya pada tahun 2020, dia berubah pikiran beberapa bulan kemudian.

Pada Mei 2022, kemeja itu dijual dan diperkirakan akan terjual antara £4 juta dan £6 juta. Begitu besarnya minat pada kaus itu meskipun melampaui perkiraan ini dan mencapai £7,1 juta. Ini tidak hanya menjadikannya memorabilia sepak bola termahal yang pernah dibeli, tetapi juga uang tunai terbanyak yang dibayarkan untuk kemeja olahraga apa pun. Sebelum ini, tidak ada yang membayar lebih dari £ 4,4 juta yang dikeluarkan untuk atasan Babe Ruth Yankees.

Hand Of God Ball – £2 juta (belum terjual – penjualan tertunda)

Kami telah memasukkan item ini ke dalam daftar kami meskipun penjualan belum selesai. Bola yang digunakan Diego Maradona untuk mencetak Tangan Tuhannya, serta Gol Abad Ini, dilelang pada November 2022 dan menarik tawaran tertinggi sebesar £2 juta. Penjualnya, yang merupakan wasit pertandingan perempat final Tunisia, Ali Bin Nasser, menetapkan harga cadangan lebih tinggi dari ini, namun berarti barang tersebut gagal terjual. Negosiasi berlanjut setelah lelang untuk melihat apakah beberapa kompromi dapat dicapai.

Harga cadangan ditetapkan lebih tinggi dari £2 juta karena penilai profesional memperkirakan bahwa bola Adidas Azteca seharusnya terjual antara £2,5 juta dan £3 juta. Namun, penjualan seharga £ 2 juta akan menjadikan ini sebagai memorabilia sepak bola termahal kedua yang pernah dijual. Ini adalah pengembalian yang sangat murah hati mengingat satu-satunya alasan bola bernilai di dekat uang sebanyak ini adalah karena kesalahan Bin Nasser dalam membiarkan gawang bertahan.

Buku Aturan Sepak Bola – £881.250

Pulpen Antik dan Tulisan

Selama lebih dari satu dekade, ini adalah memorabilia sepak bola termahal yang pernah dijual. Buku peraturan sepak bola bersejarah, dibuat pada tahun 1857, pernah dimiliki oleh klub sepak bola independen tertua yang masih ada sampai sekarang, Sheffield FC. Pamflet yang ditulis tangan itu sendiri memuat aturan tentang elemen kunci permainan seperti tendangan bebas tidak langsung, sepak pojok, dan penggunaan mistar gawang.

Aturan ini digunakan oleh FA Inggris, didirikan beberapa tahun kemudian pada tahun 1863, untuk membantu menciptakan seperangkat undang-undang standar untuk permainan saat olahraga mulai mendapatkan popularitas di seluruh negeri. Barang yang sangat unik ini, diyakini sebagai yang tertua dari jenisnya, dijual kepada penawar anonim untuk membantu mendanai berbagai proyek di Sheffield FC termasuk pembangunan stadion baru.

Trofi Piala FA – £760.000

Ketua Birmingham City FC pada saat itu, David Gold, membeli trofi Piala FA selama lelang pada tahun 2005, mengamankan barang tersebut dengan tawaran kemenangan sebesar £478.000. Dia mengklaim dia melakukannya karena dia ingin melestarikan sepotong sejarah sepakbola dan menyimpannya di dalam negeri, daripada melihatnya pergi ke beberapa kolektor swasta asing. Alasan mengapa trofi Piala FA ini memiliki makna sejarah yang begitu penting adalah karena merupakan trofi asli tertua yang masih ada. Itu dibuat sebagai pengganti Piala FA yang dicuri dari etalase toko pada tahun 1895 dan kemudian digunakan dalam kompetisi antara tahun 1896 dan 1910.

Untuk trofi yang harganya hanya £25 pada saat itu, membayar hampir setengah juta pound mungkin tampak banyak, tetapi Emas akhirnya mendapat untung besar darinya. Ini karena 15 tahun kemudian Gold ingin menguangkan trofinya dan dia melelang, di mana kali ini dijual seharga £ 760.000. Pemenang lelang awalnya misteri tapi kemudian terungkap menjadi pemilik Manchester City Sheik Mansour, seolah-olah lemari trofinya sudah tidak cukup besar!

Kartu Sepak Bola Erling Haaland – £325k

Ikon Tagihan Dolar Hitam di Latar Belakang Kuning

Segala sesuatu yang ditampilkan dalam daftar ini berasal dari pertandingan atau kompetisi besar, sesuatu yang sangat penting dalam sepakbola. Namun ada satu pengecualian, yaitu kartu sepakbola yang menampilkan Erling Haaland. Sebagai kartu superfractor, itu adalah satu-satunya dari jenisnya yang beredar dan dirilis selama musim pertamanya bermain untuk Borussia Dortmund di Bundesliga. Diproduksi oleh Topps, kartu fisik ini (alih-alih menjadi semacam NFT) dijual dengan memecahkan rekor $442.800, jumlah terbesar yang pernah dibayarkan untuk kartu sepak bola fisik.

Mungkin tampak gila bahwa sebuah kartu, betapapun jarangnya, dapat menghasilkan lebih banyak uang daripada medali pemenang Piala Dunia, tetapi kartu olahraga adalah uang besar, setidaknya di Amerika Utara. Di AS, pada tahun 2020, kartu bisbol Mike Trout terjual seharga $3,9 juta dan ini adalah bagian dari dunia yang semakin tertarik pada sepak bola. Pembeli kartu Haaland asli pasti sudah memperkirakan bahwa a) akan terus ada pasar yang berkembang untuk kartu semacam itu dan b) Haaland akan menikmati reputasi yang diperpanjang sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Jika keduanya terbukti benar, pembeli mungkin dapat membalik kartu tersebut untuk mendapatkan keuntungan besar di masa mendatang.

Kaos Final Piala Dunia 1966 Geoff Hurst – £300rb+ (belum terjual)

Bendera Inggris di Sudut

Kaos sepak bola yang dikenakan oleh Sir Geoff Hurst di final Piala Dunia 1966 awalnya dijual di lelang pada tahun 2000 seharga £91.750, dengan penawar yang menang adalah penggemar fanatik Tottenham yang menghadiri final itu sendiri. Pada saat itu memecahkan rekor untuk sebuah kaos sepak bola, dengan rekor sebelumnya adalah £44.000 yang dibayarkan untuk kaos yang dikenakan oleh Bobby Moore di pertandingan yang sama. Investor properti Andrew Leslau, dengan bantuan beberapa kolektor yang jeli, kemudian membeli kaos itu sendiri pada tahun 2008 dengan biaya yang dirahasiakan. Leslau tidak ingin menyimpan baju itu lama karena pada tahun 2010 dia menjual baju itu seharga £ 2,3 juta, sekitar 25 kali lipat dari jumlah yang terjual hanya satu dekade sebelumnya.

Agak bisa ditebak, harga yang diminta ini terbukti terlalu mahal dan kemeja itu tidak terjual. Itu akhirnya dilelang pada tahun 2016, dengan penilaian antara £ 300.000 dan £ 500.000 tetapi tidak terjual setelah gagal memenuhi harga cadangan. Ada beberapa tawaran yang diajukan dan banyak minat sehingga jika harga cadangan diturunkan di masa depan, kemungkinan akan terjual dalam angka perkiraan.

Piala Dunia Jules Rimet – £254.500

FIFA melangkah lebih jauh untuk membeli trofi Jules Rimet, trofi yang diserahkan kepada pemenang Piala Dunia antara tahun 1930 dan 1970. Mereka membayar sebanyak £254.500 dalam lelang tahun 1997, yang lebih dari 10 kali jumlah cadangan. Negara terakhir yang dianugerahi trofi asli ini adalah Brasil, pemenang Piala Dunia 1970, saat memenangkannya untuk ketiga kalinya. Tiga belas tahun setelah ini meskipun dicuri dari etalase dan tidak ditemukan.

Ini tidak perlu pulang: sudah ada di sini. 🏆

Replika Trofi Jules Rimet dari @FA, diarak dengan penuh kemenangan oleh @Inggris pada tahun 1966. Setengah abad kemudian, apakah akan ada lebih banyak kejayaan di cakrawala?https://t.co/NpLHW5by9w pic.twitter.com/8WJRuwKNwv

— Nat. Museum Sepak Bola (@FootballMuseum) 8 Juli 2018

Fakta bahwa FIFA membayar begitu banyak untuk trofi ini kemudian sangat menyarankan bahwa yang asli telah ditemukan dan mereka sekarang putus asa untuk memastikan keamanannya. Jelas, mereka tidak melakukan penelitian karena kemudian ternyata piala yang mereka bayarkan dengan uang sebanyak itu hanyalah replika, bukan perak asli. Memproduksi replika sangat dilarang oleh FIFA tetapi FA Inggris memutuskan untuk membuatnya secara rahasia setelah yang asli hilang dan kemudian ditemukan oleh Pickles si anjing. Replika perunggu hampir tidak bernilai lebih dari bahan yang diproduksi untuk membuatnya dan kemudian disumbangkan ke National Football Museum di Manchester.

Medali pemenang Alan Ball World Cup – £252.000

Kami memiliki kaus, bola kaki, kartu, dan piala, dan sekarang saatnya medali ditampilkan dalam daftar ini. Medali pemenang Piala Dunia Alan Ball sebelumnya telah terjual di lelang pada Mei 2005 seharga £ 164.800, rekor dunia untuk barang semacam itu pada saat itu. Lewati ke depan ke 2022 dan barang-barang Piala Dunia Bola kembali dijual setelah kematian pemilik Edwin Davies, mantan pemilik Bolton Wanderers.

Akan dilelang: Medali Pemenang Final Piala Dunia 1966 (£80.000-120.000 ditambah biaya) diberikan kepada Alan Ball, dengan Kemeja Final Piala Dunia miliknya (£30.000-50.000) dan Topi Piala Dunia (£15.000-25.000). #Piala Dunia

Baca selengkapnya: https://t.co/bkCCYcC0PL pic.twitter.com/cNCGtW4INn

— Tennants Auctioneers (@TennantsAuction) 11 November 2022

Di sini medalinya terjual dua kali lipat dari perkiraan pra-penjualan sebesar £120,00 sementara kaus yang dikenakannya di final terjual seharga £164.000 dan topi biru Inggrisnya terjual £145.000.

Baju Piala Dunia Pele – £157.750

Bendera Kain Brasil

Meskipun ini adalah item termurah untuk dimasukkan ke dalam daftar kami, kemeja yang dikenakan oleh Pele di final Piala Dunia 1970 kemungkinan bernilai jauh lebih banyak daripada biaya yang dibayarkan pada Maret 2002. Seorang penawar telepon anonim membayar £157.750 untuk kemeja tersebut pada saat itu. , lebih dari tiga kali lipat harga jual yang diperkirakan. Inflasi umum pada barang-barang seperti itu, ditambah kematian menyedihkan legenda sepak bola pada Desember 2022 hanya akan membuat kaos ini jauh lebih berharga hari ini, dengan asumsi keberadaannya masih diketahui tentunya.

Author: Tyler Parker